Interval nada melodic minor (disebut juga Jazz Minor) sering digunakan dalam permainan musik jazz. Seperti nada mayor, nada melodic minor ini banyak sekali menghasilkan akord yang bervariasi.
Cara konstruksi nada melodic minor:
(1) nada minor, pada nada ke-6 dan ke-7 di-kres-kan (#6th - #7th)
(2) nada mayor, nada ke-3 di-mol-kan (b3rd)
Kalau di teori klasik disebut dengan Ascending melodic minor.
Langsung saja kita lihat contohnya pada C minor:
Akordnya menjadi seperti ini: 1 - b3 - 5 - 7.
Mode 4: Lydian b7
Lydian b7 atau Lydian Dominant, dimulai dari nada ke-4 pada interval nada melodic minor. Jadi akan seperti ini:
Mode ini sering digunakan pada akord 9(b5) atau 9(#11). Konstruksi F9(#11) adalah: F - A - C - Eb - G - Cb.
Contoh komposisi lagunya: Billy Strayhorn dengan lagunya, Take The “A” Train.
Mode 7: Diminished
Mode ini mempunyai beberapa istilah, altered, altered dominant. Nada-nada diminished pada akor Bdim akan seperti ini:
Mode ini digunakan pada semua jenis chord altered. Dalam haini berarti: B7#9, B7(#5b9), dst. Suara seperti ini bisa digunakan di perpindahan akord II-V pada kunci minor.
Yah, kira-kira begitu belajarnya tentang melodic minor. Semoga jadi bingung ya.. kalau nggak bingung, bukan jazz namanya.. hehe..
~*~*~*~*~*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar