Minggu, 27 Januari 2013

BELAJAR JAZZ CHORD GUITAR


(Chord Jazz) Mengenal, Mengerti, dan Menggunakan Angka – Angka Dalam Chord
music note5
Chord pada dasarnya hanya terbentuk dari tiga nada saja. Yaitu nada pertama nada ketiga dan kelima dari scale major nada tersebut. Namun bila kita ingin memahami chord-chord lebih lanjut, perubahan dan penambahan pada chord dapat dilakukan untuk memperkaya suara yang dihasilkan. Ya, maksud gw sekarang ini adalah tentang chord ruwet yang mungkin sering kita denger di musik jazz gitu lox hwehehe. Bagi kita yang pernah menjalani aktivitas pembelajaran musik secara akademis uweeeee, ehem ehem kita pasti mendapat banyak pengajaran tentang istilah-istilah yang baku dalam dunia musik. Berbeda dengan kita yang otodidak hiks :-(, sebagian besar dari kita sudah tentu kurang mengerti banyak tentang istilah akademis tersebut, kayak kunci untuk chord gitu sebenarnya istilah yang salah tapi justru menjamur dalam masyarakat, btw gw juga otodidak gitu, AYO SEMANGAT PARA OTODIDAKERS he he he.
Kayaknya penjelasan yang di atas itu agak ngawur and kemana-kemana ya bro, aduuuh tapi gak pa pa dech yang penting judulnya bener he he he. Dalam artikel ini gw akan mendongeng tentang perjalanan pangeran untuk menyelamatkan sang putri ehem-ehem maksudnya bagaimana mengenal, mengerti, dan menggunakan angka – angka dibalik chord yang aneh-aneh dan diluar chord dasar. Bagaimana cara membaca dan mengerti chord yang rumit-rumit gitu, benernya gampang kux. Btw gak ada hubungannya ya antara pangeran dan chord gitu walah-walah. Tapi gw ada yang lebih gak nyambung lagi nich, kan ada pertanyaan soal mana yang lebih dulu ayam atau telur gitu, tapi yang satu ini jadi perdebatan sengit antara pemikir-pemikir musik, yaitu scale mayor, minor itu benermya bikinan Tuhan atau manusia gitu ? Hayo siapa yang bisa jawab… :-D
Wah becandaan terus nich, langsung gw jelasin aja dech
MAKNA ANGKA-ANGKA DI DALAM CHORD
Sebagai musisi kita pasti udah pernah denger chord yang pake 7 ato 6 ato dll gitu deh, nah disini gw mau jelasin soal cara bacanya gitu bro. Angka di belakang nama chord menunjukkan adanya not tambahan di luar tiga not utama pembentuk chord, kalimat ini diucapkan oleh Bang Jubing Kristianto nich he he he.
Lihat gambar di bawah ini bro.. Ini adalah bentuk dari chord ber-ekstensi yaitu CM7
CM7CM7 2
Ne gambar, gw ambil dari Jguitar gitu, coba aja kunjungin gitu bro. Nah di dalam not-not warna biru terdapat angka yang menunjukkan nada kesekian dalam scale Major nada tersebut. Disana terdapat angka 7 yang berarti nada ketujuh juga dimasukkan ke dalam chord C Major sehingga menghasilkan C Major 7. Dan ne contoh satu lagi yaitu Cm7 Ato C Minor 7
Cmin7Cmin7 5
Oiya ada satu hal yang harus diketahui and selalu dicamkan dalam hati, seperti yang gw kasih tau di artikel mengenal harmony, semua chord itu terbentuk dari scale major nada tersebut, walau chordnya minor bukan berarti dia tercipta dari scale minor gitu, dia tetap tercipta dari scale major namun mengalami beberapa perubahan, hal ini amat perlu dipahami untuk bisa menciptakan ataupun menamai chord-chord yang lebih rumit lagi gitu, terutama pemahaman terhadap chord dengan ekstensi 6. Kembali ke Cm7, disana juga terdapat embel-embel b7 (scale C major yang nada ketujuhnya dikurangi setengah). Jika semua nada ini di”genjreng” gitu, dia akan menghasilkan nada Cm7 (suaranya agak bubrah and “mbingungi” gitu he he he :-D).
Nah sekarang udah donk kan ? Hal ini sama dengan angka-angka pada jenis chord yang lainnya. Misal Dominant 7 gitu bro.
Selain itu chord juga bisa ditambah dengan not ke 6 dari scale major nada tersebut. C minor yang mendapatkan nada keenam sebagai tambahan tersebut akan menjadi C Minor6.
Ini adalah rumus dan tata cara penulisan chord-chord tersebut
Major 7 (1, 3, 5, 7) Contoh simbolnya CM7 atau Cmaj7
Dominant 7 (1, 3, 5, b7) Contoh simbolnya C7 (btw kalau ada chord 7 tanpa tulisan major ato minor berarti dia tergolong chord dominant gitu)
Minor 7 (1, b3, 5, b7) Contoh simbolnya Cm7 atau Cmin7
Minor-major 7 (1, b3, 5, 7) Contoh simbolnya Cm/M7 atau Cmin/maj7
Major 6 (1, 3, 5, 6) Contoh simbolnya C6 (khusus untuk C6, pelafalannya adalah C major 6, ini tidak disebut dominant 6 karena komposisi chordnya tidak ada yang berbeda dengan major)
Minor 6 (1, b3, 5, 6) Contoh simbolnya Cm6
Ingat, urutan nada berdasarkan scale major nada tersebut, C minor 6 tercipta dari nada 1, b3, 5, dan 6 dari skala C major bro.
Untuk melihat fingering dari chord-chord di atas, kunjungi aja chord calculatornya ato chord dictionary Jguitar.
EKSTENSI PADA CHORD DENGAN NOT YANG ADA PADA OKTAF YANG LEBIH TINGGI
Penambahan not pada chord tidak terbatas pada not dalam 1 oktaf saja, namun bisa ditambah dengan nada pada oktaf berikutnya dalam scale major chord tersebut. Misal nada kedua dalam oktaf yang lebih tinggi dalam scale C major adalah D ( C D E F G A B C D). Nah not D yang akan dijadikan tambahan pada chord C tersebut disebut dengan nada kesembilan cuy :-). Kalau C major ditambah dengan nada tersebut akan jadi C Major 9 gitu he he he, mau liat kayak chordnya ? Kunjungi aja chord calculatornya ato chord dictionary Jguitar gitu, coz ne wordpressnya sering error jadinya susah masang gambarnyaE hwehehe :-).
Namun dalam ini, kita gak bisa nambahin semua nada yang lebih tinggi itu ke dalam chord yang mau kita modifikasi. Kita gak bisa menambahkan not pada oktaf berikutnya yang menjadi Triad dalam chord tersebut misal nada ke 3 ato 5 yang ada pada oktaf yang lebih tinggi dalam scale major untuk c major. Benernya boleh aja sich, tapi ya hasilnya tetep C major gitu  he he he. Penambahan lain yang mungkin adalah dengan not ke 11 (not ke 4 di oktaf yang lebih tinggi) dan satu lagi not ke 13 (not ke 6 di oktaf yang lebih tinggi).
Dalam pembuatan chord ini, ada beberapa peraturan khusus gitu he he he
Pertama, untuk membuat chord 9, 11, maupun 13 kita mesti ngikutin adik-adiknya gitu, kalau chord 9 ya harus ama 7 juga, terus chord 11 ya harus ama 7 and 9, ntar kasihan kalu ditinggal dirumah sendirian gitu hiks T_T . Yah becanda lagi tapi gitu deh intinya. Jadinya bakal pake rumus kayak gini
Major 9 (1, 3, 5, 7, 9) Contoh simbolnya CM9 atau Cmaj9
Major 11 (1, 3, 5, 7, 9, 11) Contoh simbolnya CM11 atau Cmaj11
Major 13 (1, 3, 5, 7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya CM9 atau Cmaj9
Dominant 9 (1, 3, 5, b7, 9) Contoh simbolnya C9
Dominant 11 (1, 3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya C11
Dominant 13 (1, 3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya C13
Minor 9 (1, b3, 5, b7, 9) Contoh simbolnya Cm9 atau Cmin9
Minor 11 (1, b3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya Cm11 atau Cmin11
Minor 13 (1, b3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya Cm13 atau Cmin13
Minor-major 9 (1, b3, 5, 7, 9)
Kedua, kan mustahil gitu kalau main chord major 13 di gitar dengan mode full, coz masti mencet nada 1, 3, 5, 7, 9, 11, dan 13. Soal kayak gini gampang kalau kita pemain keyboard gitu wah wah wah. :-(Gw juga gak bisa bro, coz jari gw adanya cuma 5 and gw gak pake gitar yang 10 strings gitu he he he, itu juga yang jempol susah kalau disuruh main , walau bisa juga gitu, kecuali kalau mainnya kayak Bang Balawan gitu ya bisa dunk coz gitarnya 2.  Terus buat mengatasi kayak ginian, kita bisa menghilangkan beberapa not dalam chord tersebut. Yang paling umum untuk dihilangkan adalah nada ke 5 (misalkan C11 dipermudah menjadi 1, b7, 9, 11). Hal ini disebabkan oleh teori bahwa penentu nada tersebut major, minor, atau dominan adalah nada ke 3 dan ke 7. Namun bukan berarti nada tersebut tidak boleh dihilangkan gitu., nada ke 1, 3 dan 7 boleh dihilangkan tetapi dimainkan oleh personel lainnya. Yang terpenting adalah nada yang menjadi tambahan tetap ada dan wajib dibunyikan. Misalnya diubah tanpa nada basnya menjadi 5, 7, 9, 11 tetep jadi C11 kux, atau kalau malez ya dipersedikit lagi menjadi 9 dan 11 aja gitu yang dipencet he he he. Tapi ya gak jelas dunk itu chord apa, kalau udah malez kayak gini, kalau kita punya band, suruh sang bassist aja buat mainin bassnya atau si pemain keyboard buat nglengkapin cuy :-Dand kita tinggal mencet dikit gya ha ha. Yang terpenting adalah not ke 3 dan ke 7 akan lebih baik bila dimainkan dalam nada rendah, and sisanya pada nada yang tinggi, atau senar yang lebih kecil pada gitar. Coba aja liat fingeringnya gitu, ntar tau kug maksud gw apa.
Ketiga, peraturan kedua tersebut TIDAK mengikutkan not ke 6 walupun dia adiknya si 7 gitu, chord 9 tidak mengandung not ke 6. Chord 7 juga kayak gitu and yang lain-lainnya.
Keempat, ada sebuah chord yang hanya memberikan satu not sebagai tambahan yaitu chord add9. Kalau dipetik satu-satu, suaranya kayak musik dongeng-dongeng gitu lho, misal waktu kabayan lagi jalan-jalan, atau lagi ngalamun (melamun) musiknya kayak gitu he he he. Dalam chord ini, penambahan hanya dengan not kesembilan saja tanpa yang lain lain
Misal C Major add 9 (1, 3, 5, 9) nah gitu bro and nulisnya ya Cadd9
NOT YANG DIUBAH (ALTERED CHORD)
Seperti yang dah gw ceritain di asal mula harmony, chord bisa saja diberi tambahan (ekstensi), atau sedikit banyak diubah dalam nada pembentuknya. Ini akan menghasilkan chord yang lebih tidak lazim lagi dan biasanya hanya digunakan dalam aliran jazz. Konsep dalam membuat chord ini adalah dengan menaikkan atau mengurangi salah satu atau beberapa not hingga setengah maupun satu nada. Dan penulisan chord ini diberi tanda “#” (kres kalau bahasa Indonesia, sharp kalau English he he he) bila terjadi kenaikan setengah nada dan “b” (mol kalau bahasa Indonesia dan flat kalau English) bila diturunkan setengah nada. Kalau naikin atau nuruninnya satu nada ya jadi ## (double sharps) atau bb (double flats) and itu gak bisa ampe 3 nada lho  :-(. Dan tidak semua nada dalam chord dapat diturunkan atau dinaikkan apalagi nada dasar atau triadnya gitu coz chordnya ntar jadi ganti bro, tapi kalau emang mau ganti jenis chordnya juga gak dilarang je.  Yang secara umum dilakukan perubahan nada adalah pada nada ke 5 dan ke 9 gitu cuy. Begini penulisannya misal Bm7 mau ditambah nada ke 9 gitu and mau diturunin setengah nada ya jadi Bm7 b9. Kalau C13 mau dinaikin nada ke 5, dan 9 setengah nada ya jadi C13 #5 #9, tapi ya gak lazim chord kayak gini buat nyanyiin lagunya Peterpan gitu adududuh. Coba deh cari buku atau gambar yang memuat berbagai macam chord gitu, ntar biasanya ada dech fingering dari chord ini, tapi mesti susah yang jelas gitu (buat pemain gitar lho, kalau buat keyboard ya tetep gampang gitu). Oiya btw simbol # atau b dalam chord juga bisa diganti pake alternatif lain kux, # diganti jadi + dan b diganti dengan – gitu bro, misalkan C13+9 nah gitu lho, ini bukan artinya C13 ditambah not kesembilan gitu cuy tapi C13 yang nada kesembilannnya dinaikkan setengah nada. Sekarang coba deh bikin sendiri gitu chordnya, jangan liat gambar terus, kalau kita bikin sendiri di fret gitar atau piano dll, ntar malah lebih cepet inget sekaligus paham not-not apa yang terkandung di dalamnya gitu.
CHORD YANG MEMILIKI NAMA TAMBAHAN
Ini adalah chord yang terakhir, chord yang diberi nama ini yaitu suspended, augmented dan diminished chord. Suspended adalah chord yang berasal dari penghilangan nada ke 3 dari chord dan menggantinya dengan nada ke 4. Tidak adanya nada ketiga dan mengandung not ke 4 yang memiliki interval “Perfect” dari nada dasar, menyebabkan chord ini bisa dikatakan minor, major, maupun dominan. Maka kita bisa berimprovisasi menggunakan scale major, minor, dominan dan lain-lain di atas chord ini. Suspended Chord juga memiliki bentuk lain yaitu suspended 2, yang menggantikan nada ketiga menjadi nada ke 2. Kemudian Augmented yang mempunyai arti yaitu “lebih”, ini adalah chord major yang memiliki nada kelima yang telah dinaikkan setengah nada. Dan diminished chord yang merupakan chord minor yang nada kelimanya diturunkan setengah nada. Diminished chord juga dibagi menjadi 2 macam yaitu half diminished dan diminished
Suspended 4 (1, 4, 5) Contoh simbolnya Csus atau Csus4
Suspended 2 (1, 2, 5) Contoh simbolnya Csus2
Augmented (1, 3, #5) Contoh simbolnya Caug atau C+5
Diminished (1, b3, b5, bb7) Contoh simbolnya Cdim
Half Diminished (1, b3, b5, b7) Contoh simbolnya Cmin7-5 (nah ini yang jadi chord ketujuh dalam harmony)
CAMPUR ADUK CHORD
Chord yang berangka maupun yang memiliki nama yambahan juga bisa dicampur adukkan bro. Misal kita punya B11 dijadiin B11sus4-9 gitu juga bisa nich, and rumusnya jadi 1, 4, 5, b7, b9 gitu yawh. Coba aja deh bikin macem-macem chord, tapi harus tau juga gitu makenya kapan terutama yang udah kelewat aneh, artikel yang berikutnya (tapi entah kapan gw bikin, pokoknya tunggu aja) bakal mbahas soal penggunaan chord yang pake plus minus bro, sekarang bisa bacanya and ngerti dulu aja gitu yawh “Coming Soon”.
Oiya biar gak BeTe, gw kasih tips nich, gimana cara make chord yang aneh tersebut (tapi belum yang altered chord lho, yang itu ntar-ntar aja gitu :-() :
Pertama, chord 6, 7, 9, 11, 13 dan add 9 adalah perkembangan dari chord major, minor maupun dominan, sehingga mereka dapat digunakan sebagai chord substitusi atau perantara perpindahan chord. Misalnya temen-temen mau nyayiin lagunya Kuburan yang Lupa-Lupa Ingat gitu he he he
C     Am    Dm       G
C A minor D minor ke G ke
C      Am      Dm     G
C lagi A minor D minor ke G ke
C      Am      Dm     G
C lagi A minor D minor ke G ke
C
C lagi
Terus temen-temen gak puas ya tinggal ganti aja gitu ehem-ehem, jadi gini
CM7   Am7   Dm9      G9
C A minor D minor ke G ke
CM9   Am7      Dm7     G6
C lagi A minor D minor ke G ke
CM7    Am9     Dm9    G9
C lagi A minor D minor ke G ke
C6
C lagi
Hoe hoe hoe, lagunya jadi aneh kan, kalau mau aransemen lagu biar bagus  and keren kayak musisi Jazz pake cara kayak gini aja nich, tapi vokalis band temen-temen harus ganti cara nyanyinya gitu he he he :-D. TAAAPIII, chord mayor ya gantinya ama yang major gitu, jangan terus loncat jadi minor, and begitu juga dominant. Dalam lagu Lupa-Lupa Ingat tersebut nada dasarnya adalah C sehingga harmony V5 ada di G, jadi G tersebut adalah chord dominant and gantinya juga pake dominant dunk. Dan si drummer and personel band yang lain juga dikasih tau gitu biar gak jadi kacau mainnya, drumnya metal tapi chordnya jazzy kan bikin ilfil juga gitu. Selain itu chord kayak gini jelek kalau pake distorsi yang menggelegar gitu, jadi aneh bunyinya :-(. Kecuali suspended gitu, apalagi yang suspended 2, itu malah bagus karena bisa menghasilkan suara yang menyejukkan hati, mau contoh ? Coba dengerin lagunya Joe Satriani yang Revelation, dia pake chord suspended 2 gitu di intro dan sebagian besar lagunya. Chord yang satu ini bisa dijadikan chord utama sekaligus untuk mempercantik chord.
Kedua, khusus untuk augmented dan diminished, penggunaannya adalah sebagai perantara antara satu chord dan yang lainnya, augmented menjadi perantara antara chord mayor dan diminished sebagai perantara chord minor. Sebagai contoh kita punya progresi kayak gini :
C _ _ _|G_ _ _ |C _ _ _ |G _ _ _ |
Am_ _ _|Dm_ _ _|Em_ _ _|Am_ _ _ |
Bisa baca kayak gini to ? Gw gak bisa baca tulis not balok jadinya gw tulis kayak gini aja  gitu. Itu maksudnya pake birama 4/4 dan temponya terserah aja he he he. Tanda underscore berarti kita tetap menggunakan chord yang sama sepanjang tanda tersebut dan bernilai 1 ketukan. Nah dari sini kita akan memperkaya progresi chord tersebut dengan menggunakan aug dan dim. Ingat Augmented untuk mayor dan dim untuk minor.
C _ Caug _|G_ Gaug _ |C _ Caug _ |G _ _ _ |
Am_ Adim _|Dm_ Ddim _|Em_ Edim _|Am_ _ _ |
Nah kayak gini lagunya jadi ruwet he he he, tapi tempo and musiknya jasi Jazz gitu cuy atau dibikin distorsi dengan tempo cepat gitu jadi neoclassic he he he.
Btw kalau diminish juga bisa diantara chord major dan minor gitu, tapi penggunaannya pada chord minornya. Sebagai contoh :
C _ _ _|Bm_ _ _ |C _ _ _ |G _ _ _ | diubah menjadi
CM7 _ Bdim _|Bm7_ _ _ |CM7 _ Caug _ |G7 _ _ _ |
Atau diminish juga bisa diletakan antara dua nada chord minor atau pun mayor yang sama-sama menuju chord minor. Dan chord diminished tersebut dibuat dari nada yang setengah lebih tinggi dari nada sebelumnya. Sebagai contoh :
CM7 _ C#dim _|Dm7_ D#dim _ |Em7 _ E#dim _ |Am Am7 Am9 _ |
Wah itu yang belakang kog jadi panjang ya he he he, ya suka suka gw donk..
Oiya khusus buat chord yang pake angka, kemampuannya gak itu aja sich, masih banyak gitu, tapi kayak yang gw bilang di atas tadi, bakal gw tulis di artikel yang lain and yang jelas coming soon gitu. And satu hal lagi, gw gak masukin semua bentuk fingering chord-chord aneh di atas ke artikel ini, jadi sekali lagi liat aja ke chord calculatornya ato chord dictionary Jguitar yawh
Oiya yang gw sebutin dalam article ini barulah satu halaman dari ribuan halaman dari teori musik yang ada gitu, oleh karena itu temen-temen jangan lupa tetap belajar and mencari sumber yang lainnya yawh.
Article By : Tesha – Aliansi



























Asal Mula Harmony dan Jenis – Jenis Chord
Wah wah wah temen-temen yang mau lebih tau tentang chord, ato yang pengen penjelasan lebih dari “lesson mengenal major dan major 7th harmony” bisa dateng ke sini nich. Ne gw mau kasih beberapa penjelasan buat pengen tau lebih soal chord gitu he he he, tapi kalau yang udah tau ya kasih tau gw gitu ha ha ha :-). By the way karena gw ini gitaris ya alat musik yang gw jadikan contoh ya gitar gitu, tapi artikel ini bisa untuk semua alat musik kog. Coz merupakan teori dasar.
Hmmm bila ketika keliling ke seluruh dunia, mungkin kita akan menemukan banyak sekali hewan dan serangga halah, tapi kita hanya akan mendapatkan 3 kelompok utama chord walau kita sudah bertanya pada penguin di kutub utara ck ck ck.
Kembali ke chord. Chord yang membangun seluruh musik dan melody di dunia ini (secara umum) hanya terdiri dari 3 macam yaitu Major, Minor, dan Dominant7. Dan ketiga chord tersebut tercipta dari susunan triad (appergio) oleh scale major nada tersebut (maksudnya mereka emang tercipta dari scale major). Hanya saja, khusus bagi Minor dan Dominant berasal dari scale major yang mengalami perubahan. Udah tau soal scale major kan? Kalau belum baca dulu dunk artikel yang sebelumnya (link di atas tadi) . Untuk hal ini saya gw akan menjelaskan dengan contoh scale C Major karena paling gampang he he he (jarak antar nadanya 1-1-1/2-1-1-1-1/2, notnya C D E F G A B)
Triad dari C Major adalah nada ke 1 (tonic/root), nada ke 3 dan nada ke 5 bila dari scale C Major yaitu not C, E, dan G
Triad dari C7 Dominant adalah nada ke 1 (tonic/root), nada ke 3 nada ke 5 dan nada ke b7 (nada ketujuh yang diturunkan setengah) bila dari scale C Major yaitu not C, E, G, dan Bb
Triad dari C Minor adalah nada ke 1 (tonic/root), nada ke b3 dan nada ke 5 bila dari scale C Major yaitu not C Eb dan G
Dalam semua chord di atas ada  satu yang punya embel-embel aneh yaitu C7 Dominant, megapa C7 Dominant harus menggunakan nada ke tujuh? Hali ini disebabkan oleh kesamaan triad dari C Major dan C Dominant, nada C, E, dan G. Selain itu tangga nada dominant adalah 1 2 3 4 5 6 b7, oleh karena itu untuk membedakannya, para musisi memberikan nada ke 7 sebagai ekstensi pada chord tersebut. Contoh di atas adalah berbagai nama pendiri chord (chord dasar). Sebenarnya masih banyak bentuk chord yang lainnya namun yang lain tersebut hanyalah perubahan atau keturunan dari para pendiri chord tersebut, misalkan G11#9b5, itu adalah chord dominant7 yang mengalami perubahan nada. Chord G7 Dominant yang ditambah nada ke 11, nada ke sembilan yang dinaikkan setengah not dan nada kelimanya diturunkan setengah not. Hal ini juga bisa berlaku pada semua chord dasar. Penjelasan mengenai chord aneh ini akan gw berikan pada lesson yang lain.
Hanya perlu 3 nada untuk membentuk sebuah chord dasar, coba bunyikan nada tersebut (misal C, E , G secara bersamaan) dan jreeeng nadanya adalah C Major. Yang lainnya juga dicoba lho.
Chord
Terbentuknya Harmony Chord
Bila kita melihat lesson yang sebelumnya “lesson mengenal major dan major 7th harmony” . Di sana dijelaskan bahwa harmony terdiri dari nada I (mayor), ii (minor), iii (minor), IV (major), V7 (dominant), vi (minor) dan vii (diminished).
Hey hey kog aneh bro, katanya Cuma 3 ? Tapi kog malah dikasih dimini dimini gituan sich. :-< ?
Wah gimana yo jawabnya, memang ketiga chord sebelumnya adalah chord dasar. Bila kita telah menguasai ketiganya kita udah bisa main musik dengan bagus and bisa mengiringi ratusan atau ribuan lagu yang ada kog. Diminished terbentuk karena pengaruh jarak antara nada dalam scale major. Ntar gw jelasin lagi dech, gw juga bingungE, maklum gw otodidak nich he he he :-D.
Nah modal inilah yang dijadikan para musisi untuk membuat lagu (kalau dalam lagunya tidak terdapat modulasi/perubahan nada dasar lho). Kalau nada dasar lagu kita C Major, mau bikin lanjutannya ya tinggal pilih antara Dm, Em, F, G7, Am, atau Bdim gitu cuy. Sebagian besar lagu memiliki mode kayak gini, nyari chord juga gitu kux. Cari nada dasar, kalau dah ketemu ya tinggal cari chord yang lain yang tersedia (kecuali lo alirannya Jazz yang gonta ganti nada dasar ya udah nyerah aja gitu kalau modal nyari chordnya baru ada kayak gini :-D) baca artikel  “Mencari Chord dalam Sebuah Lagu” . Tapi untuk lagu pop kan aneh gitu kalaw pake chord G7, apalagi diminished. Kenapa kog Kuburan Band pake chord C A minor D minor ke “G” ke C lagi dll, kog bukan G7 gitu? Ya untuk menyelaraskan dengan musik pop, kita gak perlu menggunakan chord aneh tersebut. G7 kan hampir sama dengan G Major (udah dijelasin di atas lho), karena itu pemakaian G Major sah sah saja dalam harmony. Demikian juga dengan Bdim yang merupakan chord minor bisa diganti jadi B Minor saja.
Ne penjelasan tentang diminish tadi bro
Kalau di  harmony C major sebagai nada dasar, kan chordnya tu C, Dm, Em, F, G7, Am, atau Bdim. Semua chord ini tercipta dari scale C major (C D E F G A B C). Nada dasarnya C, terus cari nada urutan ketiga kan dapetnya E dan yang kelima dapetnya G and chordnya jadi major gitu. Terus kalau kita mulai dari D nada ketiganya tu F and nada kelimanya A terus jadinya minor. Coba mainin di fret gitar deh, kenapa kog jadinya minor. Coz nada ketiganya F berjarak 1 ½ nada dari D. Dan khusus diminished, kita mulai dari B, nada ketiganya D dan kelimanya F. kalau di mainin di gitar pake power chord (chord yang Cuma pake 2 nada itu lho, yang paling gampang buat main efek distorsi), biasanya kan nada kelima di pencet pake jari manis and nada dasarnya pake telunjuk dan kelingking. Tapi khusus ini malah nada kelimanya mundur setengah (mencetnya pake jari tengah) jadi di F gitu bro karena manut ama harmony scale C major. Akhirnya chord ini menjadi chord diminished yang rumusnya 1 b3 dan b5 dari scale major chord tersebut. Dan ini menjadi alasan utama mengapa terbentuk berbagai modes dan yang paling minimal di atas chord-chord tersebut kita bisa berimprovisasi hanya dengan 1 macam scale yaitu scale C Major.
By the way, ada 1 hal nich yang perlu kita pahami. Proses terbentuknya harmony beda lho ama terbentuknya chord. Chord adalah susunan triad yang terbentuk dari scale major nada tersebut (C Major dari scale C Major, C Minor dari scale C Major yang diubah dll). Sedangkan harmony adalah bagaimana cara kita menyusun chord-chord tersebut dalam sebuah susunan yang indah.
Article By : Tesha -Aliansi

Interval (musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Interval dalam istilah musik adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah. Interval memiliki beberapa nama yaitu:
  • 1. Prime: yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do
  • 2. Seconde: yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re
  • 3. Ters: yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi
  • 4. Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
  • 5. Kuint: adalah interval lima nada.
  • 6. Sext: adalah interval enam nada.
  • 7. Septim: adalah interval tujuh nada.
  • 8. Oktav: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb.
Artikel ini tidak memiliki paragraf pembuka yang sesuai dengan standar Wikipedia.
Artikel ini harus didahului dengan kalimat pembuka: Interval (musik) adalah ........
Tolong bantu Wikipedia untuk mengembangkannya dengan menulis bagian atau paragraf pembuka yang informatif sehingga pembaca awam mengerti apa yang dimaksud dengan "Interval (musik)".

1 komentar:

  1. Blognya bagus dan bermanfaat banget buat pemula seperti saya tapi kenapa contoh gambar chordnya ga keluar yaaa ???

    BalasHapus